SUMBER PERMODALAN KOPERASI (EKONOMI)

SUMBER PERMODALAN KOPERASI

Image result for koperasi


Modal koperasi dibutuhkan untuk membiayai usaha dan organisasi koperasi. Modal koperasi terdiri dari modal sendiri dan modal pinjaman sebagai modal awal.
Modal sendiri dapat berasal dari sumber-sumber berikut.
1. Simpanan Pokok merupakan sejumlah uang yang wajib dibayarkan anggota kepada kopersasi pada saat masuk menjadi anggota. Besarnya simpanan pokok untuk setiap anggota sama dan tidak dapat diambil selama masih menjadi anggota koperasi
2. Simpanan Wajib merupakan sejumlah uang tertentu yang wajib dibayarkan oleh anggota kepada koperasi dalam waktu dan kesempatan tertentu, misalnya setiap bulan dengan jumlah yang sama tiap bulannya. Simpanan wajib ini tidak diambil oleh anggota selama masih menjadi anggota koperasi.
3. Dana Cadangan sama seperti simpanan diatas, tetapi bisa diambil sewaktu-waktu
4. Hibah merupakan sejumlah uang atau barang modal yang dapat dinikai dengan uang yang dapat diterima dari pihak lain yang bersifat pemberian yang tidak mengikat

Adapun modal pinjaman dapat berasal dari:
1. Anggota
2. Koperasi lainnya dan anggotanya
3. Bank dan lembaga keuangan lainnya
4. Penerbitan obligasi dan surat hutang lainnya
5. Sumber lain yang sah yang tidak bertentangan dengan anggran dasar dan ketentuan peraturan perundang-undangan
Selain modal sendiri dan pinjaman modal koperasi dapat berasal dari, modal pernyetaan. Berdasarkan SK menteri koperasi nomor 145/menkop/1998, Penanaman modal pernyetaan dapat diperoleh dari pemerintah, dunia usaha dan badan usaha lainnya baik yang berkedudukan didalan negeri maupun di luar negeri, serta dari masyarakat umum. Modal ini dilakukan dalam upaya memperkuat kegiatan usaha koperasi. Dalam koperasi, modal pernyetaan juga menanggung resiko. Pemilik modal pernyertaan ini tidak memiliki suara dalam rapar anggota. Namun, pemilik modal dapat diikutsertakan dalam pengawasan usaha investasi dari modal tersebut sesuai dengan kesepakatan yang telah dilakukan.



Terus semangat belajar ya!
Baca tentang penjelasan koperasi di https://www.maxmanroe.com/vid/bisnis/pengertian-koperasi.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL DAN JAWABAN DARI TEKS BIOGRAFI BAHASA INDONESIA "GEORGE SAA SI JENIUS DARI PAPUA"

SINOPSIS DAN NILAI-NILAI HIKAYAT BUNGA KEMUNING

PENYELESAIAN DARI TUGAS MEMBEDAKAN TEKS BIOGRAFI DI BUKU PAKET BAHASA INDONESIA KELAS 10